Sabtu, 13 Juni 2015

LED Printer vs Laser Printer


Laser printer dan LED (light-emitting diode) printer pada dasarnya adalah sama. Keduanya dapat mencetak dokumen bisnis Anda relatif cepat dengan melelehkan toner ke kertas, dan keduanya menggunakan photosensitive drum. Perbedaan antara kedua teknologi printer terletak pada bagaimana mereka menembak sinar pada drum: Laser printer menggunakan sinar laser melintasi secara horizontal keseluruh permukaan drum, sementara printer LED menggunakan sebuah sinar LED yang berkedip seluruh baris secara sekaligus.


Segi Biaya
Printer LED biasanya lebih murah untuk diproduksi karena kesederhanaan teknis LED. Printer laser, di sisi lain, memerlukan sinar laser terfokus dengan tepat dan membutuhkan perakitan optik yang sensitif dengan banyak bagian yang bergerak. Komponen-komponen ini membuat harga printer laser lebih mahal daripada printer LED.

Kehandalan
Faktor yang sama yang membuat printer LED lebih murah juga membuat mereka lebih dapat diandalkan. Dalam sebuah printer LED, karena sinar LED tetap di tempat dan hanya berkedip pada pola halaman kertas. Sementara sebagian besar printer laser memiliki laser stasioner, mereka memiliki sebuah optik kaca (laser scanner) yang berputar yang memindai sinar laser terhadap drum. pada  beberapa bagian yang bergerak di mesin printer laser membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Kualitas Cetak 
Printer laser umumnya menawarkan cetakan kualitas yang lebih baik daripada LED, meskipun perbedaan kasat mata. karena printer laser hanya memiliki satu sumber cahaya, setiap pixel akan diterangi dengan jumlah cahaya yang sama. Pada printer LED, sinar LED memiliki ribuan pixel LED yang dapat memiliki sedikit variasi dalam output cahaya di antara mereka. Printer LED juga memiliki resolusi tetap, berdasarkan kuantitas dan ukuran LED. Printer laser, di sisi lain, dapat bervariasi ukuran dot (titik) untuk mengubah resolusi.

Ukuran
 Ukuran Printer LED tidak begitu besar dibandingkan dengan printer laser karena memiliki mekanisme lampu LED yang lebih sederhana, namun kedua printer masih cukup besar untuk jenis printer warna karena harus menampung empat warna  toner cartridge yang berbeda.

Dimasa depan teknologi laser akan ditinggalkan dan beralih ke LED printer, dengan pertimbangan :

1. LED Printer lebih hemat listrik
2. Ukuran printer lebih kecil dan menghemat tempat
3. Kecepatan cetak lebih cepat dibandingkan printer laser
4. LED Printer lebih tahan lama dan tidak mudah rusak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar